Saturday 29 March 2014

Gunakanlah Air Dengan Hemat

Selamatkan Air, Selamatkan Kehidupan, dan Selamatkan Dunia
Sumber : http://www.emilyehlers.com.au/wp-content/uploads/2012/02/poster_lrg_save-water-save.jpg
Berhubung tanggal 22 Maret 2014 kemarin kita memperingati Hari Air Sedunia (World Day for Water), saya tertarik untuk menggunakan judul "Gunakanlah Air Dengan Hemat" dalam blog saya kali ini.

Menurut yang saya ketahui air merupakan unsur terpenting bagi setiap mahkluk hidup dan lingkungan, tanpa air pasti sudah mengakibatkan kekeringan dimana-mana. Setiap orang pernah menggunakan air untuk kepentingan hidupnya, saya biasanya menggunakan air untuk minum, mencuci, mandi, masak, keperluan rumah tangga, dsb.

Tetapi seringkali manusia menyalahgunakan air hingga mengakibatkan pencemaran lingkungan khususnya di sekitar kawasan industri dan juga mengakibatkan krisis air bersih. Di tempat saya tinggal ini di Bekasi Barat belum terlihat secara kasat mata krisis air bersih, saya sungguh bersyukur kepada Tuhan, saya masih dapat menggunakan air bersih untuk kepentingan hidup saya bersama keluarga. Sebagai wujud syukur maka saya harus menjaga agar ketersediaan air bersih tetap terjaga.

Saya mempelajari perbedaan antara air bersih dan air tercemar adalah (Sumber : Buku PLH Pendidikan Lingkungan Hidup SMA Kelas XI Penerbit Yudhistira BAB 4 halaman 82-83) :

- Air bersih memiliki ciri-ciri bening, bersih dan tidak berbau sedangkan air tercemar memiliki ciri-ciri kotor, berwarna dan berbau.
- Air bersih tidak tercemar oleh zat-zat atau bahan kimia sedangkan air tercemar sudah mengalami reaksi dengan unsur-unsur kimia tertentu.
- Air bersih tidak berbahaya untuk diminum dan dapat digunakan untuk aktivitas kita sehari-hari sedangkan air tercemar mungkin berbahaya jika diminum dan digunakan dalam aktivitas kita sehari-hari.

Salah satu wujud syukur saya adalah dengan hemat dalam penggunaan air. Saya juga mengajak teman-teman saya di media social untuk ikut serta dalam penghematan air. Penghematan air ini bukan sekedar untuk kepentingan diri kita sendiri tetapi ini untuk kepentingan bersama.


twitter : https://twitter.com/Octavianus_YR/status/449773579287007232

Saya tidak hanya mengajak mereka, tetapi saya juga ikut serta dalam melakukan upaya pelestarian air. Contohnya :

Mematikan Air Ketika Bak Sudah Penuh
Sumber : Foto Sendiri
Mulailah dari hal yang kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Hal yang simple dan mudah ini mungkin merupakan hal yang berat bagi orang-orang yang malas, yang berkata:
"Ah males, jauh tong sampahnya!", 
"Buang di sungai saja ah, kan memang sudah kotor kok sungainya", 
"Buang di jalan saja deh sampahnya, kan ada yang bersihin." 

Kalimat-kalimat tersebut mungkin saja terucap saat kita mengajak seseorang untuk membuang sampah pada tempatnya. Mereka yang tidak peduli terhadap lingkungannya akan mengakibatkan kerugian pada diri mereka sendiri. 

Pada kalimat pertama "Ah males, jauh tong sampahnya" ya jika ada tong sampah terdekat buang saja, jika tidak ada, ya sudah buang saja di tong sampah yang jauh, walaupun capek, hitung-hitung kan olahraga. 
Pada kalimat kedua "Buang di sungai saja ah, kan memang sudah kotor kok sungainya" ya justru sudah kotor kita harus peduli untuk tahu diri dan membersihkannya, gimana jadinya kalau setiap orang memiliki pendapat seperti itu, sampah di sungai mungkin sudah menumpuk dan banjir dimana-mana. 
Pada kalimat ketiga "Buang di jalan aja deh sampahnya, kan ada yang bersihin" hmm, ini contoh perkataan yang benar-benar tak patut di contoh, petugas kebersihan juga manusia, tahu diri dan hargailah petugas kebersihan! 

Kalau belanja pakailah shopping bag (tas belanja) yang praktis. Jadi tidak perlu menggunakan plastik, karena plastik merupakan sampah yang sulit untuk diuraikan. Di jalanan, got dan sungai seringkali saya melihat sampah plastik berserakan dimana-mana, ayo guys hidup hemat dan kurangi sampah plastik.

Contoh Shopping Bag yang Saya Miliki
Sumber : Foto Sendiri

Dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran air antara lain adalah (Sumber : Buku PLH Pendidikan Lingkungan Hidup SMA Kelas XI Penerbit Yudhistira BAB 4 halaman 88) :

- Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
- Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air
- Pendangkalan dasar perairan
- Punahnya biota air, misalnya ikan, yuyu, udang, dan serangga air
- Munculnya banjir akibat got tersumbat sampah
- Menjalarnya wabah muntaber

Kalian pasti gak mau kan terkena dampaknya? Siapa sih yang mau sakit? Gak ada kan?

Berarti upaya yang harus kita lakukan ya seperti (Sumber : Buku PLH Pendidikan Lingkungan Hidup SMA Kelas XI Penerbit Yudhistira BAB 2 halaman 39) :

- Menjaga kelestarian hutan karena hutan dapat menyerap dan menyimpan air hujan
- Membuat sumur resapan air
- Membuang limbah cair ke tempat yang aman agar tidak menganggu air tanah
- Melakukan kampanye pemeliharaan dan penjagaan pentingnya air bersih

Menyiram tanaman juga merupakan upaya melestarikan lingkungan hidup
Sumber: Foto Sendiri
Menyiram tanaman juga merupakan upaya melestarikan lingkungan hidup
Sumber : Foto Sendiri
Kita juga harus memperhatikan kesehatan kita, tidak sembarangan jajan, dan selalu hidup bersih. Lingkungan yang bersih mencerminkan hati yang bersih tetapi lingkungan yang kotor mencerminkan hati yang kotor. Jadi apa yang kalian tunggu? Ayo segera kita lestarikan air bersih agar lingkungan hidup dimana kita tinggal akan menjadi nyaman dan tentram. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan blogger lainnya #IngatLingkungan 

Menikmati indahnya lingkungan hidup
Sumber : Foto Sendiri
Official website WWF Indonesia : http://www.wwf.or.id
Official website BLOGdetik : http://www.blogdetik.com

2 comments:

  1. Wah, Octa... Blog nya inspiratif dan kreatif sekali. Konten nya menarik didukung dengan gambar- gambar yang merupakan aksi #IngatLingkungan. Makasih ya buat post yang bermanfaat kayak gini. Memang sudah saatnya buat kita kawula muda tergerak akan pentingnya menjaga lingkungan. Alam telah memberi banyak manfaat untuk kebutuhan kita. Kita pun harus membalas kebaikan yang telah alam berikan dengan menjaganya tetap lestari dan menggunakan nya dengan bijak. Setuju 100% deh sama seluruh isi konten di artikel ini! :)

    ReplyDelete
  2. semoga tulisannya banyak menginspirasi pembaca ya... :-)

    ReplyDelete